4 Cara Sederhana Menjaga Privasi Anak dari Kejahatan Seksual

Selama ini banyak ilmu parenting yang menjelaskan tentang bagaimana cara membesarkan si kecil dengan cara yang benar. Namun hal penting lainnya yang tidak boleh diketahui adalah menjaga anak dari kejahatan seksual. Apalagi sekarang ini, kasus kejahatan seksual semakin marak saja. Untuk mencegah hal tersebut maka 4 cara sederhana ini bisa Anda lakukan.

  1. Jangan Berlebihan Mengunggah Foto Anak di Sosial Media

Cara yang pertama adalah Anda sebagai orang tua wajib sekali untuk menahan diri dalam mengunggah foto si kecil di sosial media. Sebenarnya sah-sah saja, untuk mengunggah foto mereka di sosial media asalkan Anda tidak terlalu berlebihan. Soalnya sudah bukan menjadi rahasia lagi, banyak orang tua sekarang yang berlebihan mengunggah foto si kecil.

Asal tahu saja, hal ini selain akan mengganggu privasi si kecil juga akan membuat risiko kejahatan seksual pada mereka bisa meningkat. Terutama para pedofil yang seringkali mencari mangsanya di sosial media. Para pedofil ini bahkan seringkali menggunakan akun sosial media palsu hanya demi bisa melancarkan usahanya.

  1. Jaga Privasi Identitas Si Kecil

Selain Anda mesti membatasi unggahan foto si kecil di sosial media, sebagai orang tua jangan lupa untuk menjaga identitas si kecil. Menjaga identitas ini sendiri mulai dari nama lengkap, alamat rumah hingga alamat sekolah yang lebih baik disimpan untuk keluarga terdekat saja. Soalnya identitas ini sangat mudah untuk dipersalahgunakan.

Terutama untuk melakukan penipuan hingga penculikan yang menyasar buah hati Anda. Biasanya mereka memanfaatkan identitas ini untuk mengetahui lokasi si kecil setiap harinya. Jadi menjaga privasi identitas hingga berbagai alamat pribadi si kecil adalah salah satu tips parenting yang juga tidak boleh Anda lupakan.

  1. Gunakan Pakaian Renang Tertutup

Banyak orang tua yang menyamakan kebutuhan si kecil tidak ada bedanya dengan orang dewasa. Salah satunya kebutuhan pakaian renang yang seringkali terbuka hanya demi mengikuti trend. Padahal hal ini sangat berbahaya karena akan membuat bagian tertutup si kecil menjadi konsumsi publik. Jadi lebih baik gunakan pakaian renang tertutup untuk mencegah hal itu.

  1. Hindari Stiker Gambar Anggota Keluarga

Cara yang terakhir adalah dengan menghindari menggunakan stiker bergambar anggota keluarga yang menggambarkan kondisi keluarga Anda. Seperti stiker gambar ayah, ibu dan jumlah anak bahkan kadang dibarengi dengan nama lengkap. Hal ini akan sangat berbahaya soalnya membuat kejahatan tidak kecuali kejahatan seksual mudah sekali untuk dilakukan.

Empat cara yang termasuk dari bagian ilmu parenting di atas bisa Anda coba untuk mencegah kejahatan seksual pada si kecil. Soalnya orang tua adalah dinding pengaman pertama untuk anak dari berbagai bahaya. Jangan sampai Anda sebagai orang tua malah lalai dan terjadi hal yang tidak diinginkan.